Rabu, 16 November 2016

Instalasi Software Monitoring Jaringan

Assalamuailaikum wr.wb
Selamat siang teman-teman masih dengan saya lagi ya, dilarang bosan loh :)
Kali ini tentang Instalasi Software Monitoring Jaringan. apa itu monitoring jaringan? udah pada tau apa belum, kalau belum bisa deh simak disini.
Monitoring Jaringan Komputer adalah proses pengumpulan dan melakukan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Jaringan Komputer. Monitoring jaringan ini merupakan bagian dari manajemen jaringan. Dan jaringan komputer dibagi menjadi 2 loh teman-teman. pada belum tau kan
a. Connection Monitoring
Connection monitoring adalah teknik monitoring jaringan yang dapat dilakukan dengan melakukan tes ping antara monitoring station dan device target, sehingga dapat diketahui bila koneksi terputus.
b. Traffic Monitoring
Traffic monitoring adalah teknik monitoring jaringan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan dan menghasilkan laporan berdasarkan trafficjaringan.

1. Fungsi monitoring 

fungsinya disini itu untuk membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer. Monitoring dapat dilakukan dengan standart SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan. hal ini dapat dilakukan dengan utilitis ping.

2. Mengintip dan menganalisis aktifitas jaringan mengunakan Wireshark


Wireshark – Network Protocol Analyzer Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.
Seperti namanya, Wireshark mampu menangkap paket-paket data/informasi yang berseliweran dalam jaringan yang kita “intip”. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang melintas di dalam jaringan dan menganalisanya.
Untuk menggunakan tool ini pun cukup mudah. Kita cukup memasukkan perintah untuk mendapatkan informasi yang ingin kita capture (yang ingin diperoleh) dari jaringan kita.

3. Instalasi software monitoring jaringan 

Dalam suatu jaringan komputer kadang saat jaringan menjadi lebih lambat, kita harus mencari tahu apa penyebab menjadi kelambatannya. itulah sebabnya kita membutuhkan software monitoring jaringan, supaya lalu lintas data yang ada pada jaringan kita bisa baik dan lancar. Berikut ini contoh software-software monitoring:
1. VNC, merupakan suatu software untuk meremot PC, semua komputer yang akan di remote harus di install aplikasi ini terlebih dahulu. Remote ini juga berfungsi untuk Troubleshooting yaitu untuk menangani masalah yang bersangkutan. Yang harus di persiapkan sebelum menginstall VNC yaitu:
1. Satu PC lengkap
2. Software VNC
dan cara menginstallnya seperti ini ya
a. Klik extracing file

b. Di tampilan setup Wizard VNC pilih next untuk peng installannya

c. Kemudian di Licensi Aggrement pilih I Accept klik next.

d. Di select Destination Location pilih next

e. Di select components, pada pilihan custom ada 2 yaitu VNC server dan VNC client

f. Di select start menu folder, beri centang pada dont create lalu next.

g. Pada select Additional Tarks beri centang sesuai gambar, klik next

h. Pada kotak ready to install pilih klik Install.

i. Pada VNC server pengaturan IP jaringan yang di sambungkan atau di sesuaikan dengan server,
Apabila IP komputer tersebut tidak cocok maka komputer itu tidak bisa si remote oleh server. Pertama klik Add

j. Keluar menu specify host isi dengan IP yang mau diremot PC nya

k. klik next
l. klik finish dan peng installan VNC sukses.



Dan ada beberapa lagi software nya seperti:
NMap
WireShark
Look@LAN
Angry IP Scanner
Dude
Cafe server 4.0
Netlimiter
Dan masih banyak lagi ya.. bisa di cari sendiri 

4. Konfigurasi tools monitoring jaringan

The Dude adalah salah satu tools atau software yang digunakan buat memonitoring network jaringan komputer, yang dalam penggunaanya sangatlah penting bagi yang mempunyai pekerjaan memonitoring jaringan yang cukup besar dan rumit. dan disini saya akan mencontohkan menggunakan Dude.
1. Buka Program The Dude yang telah terinstall.
2. Pilih Bahasa yag akan digunakan. OK.
3. Setelah masuk program The Dude setting pada dialog Device Discovery nya. Pada tab General form Discovery Mode pilih reliable (scan each service).
4. Kemudian lihat pada tab Servieces untuk melihat services apa saja yang hendak dimonitoring.
5. Kemudian lihat di tab Device Types untuk melihat device apa saja yang hendak di monitoring.
6. lihat pada tab Advanced untuk melihat setting monitoring lainya.
7. Jika sudah klik Discover maka program akan melakukan proses scanning.
8. TAMPILAN HASIL Selama proses scanning, The Dude akan otomatis membaca dengan cepat semua alat/computer yang terhubung dalam jaringan dalam satu jaringan lokal. Berikut adalah data yang terdeteksi oleh The Duce.
9. Setelah semua device terdeteksi selanjutnya adalah menghubungkan antara device dengan pusat device gateway. Langkahnya adalah dengan klik tombol (+) lalu pilih Line. Kemudian hubungkan tiap-tiap device yang sedang terkoneksi dengan meng-klik Link. Hubungkan dari akses point device pusat ke device-device client lainya. Pada Kotak Dialog Add Link form Type pilih wireless.
10. Berikut adalah tampilan setelah device-device client terhubung ke device acces point pusat.
11. Untuk melihat detail dari masing-masing network/ device bisa dilakukan dengan cara double click networknya.

12. Device/ network yang Services berwarna hijau menunjukkan bahwa device tersebut terkoneksi dangan baik. apabila Device/ network yang berwarna orange menunjukkan bahwa koneksinya tidah stabil, dan bila Device/ network yang berwarna merah memunjukkan bahwa tidak ada koneksi.
Untuk melihat Detail dan graph hasil monitoring dari device, kita bisa mendekatkan kursor ke device, sampai muncul graph seperti di bawah:


5. Pengujian tools monitoring jaringan

Pada pengujian tools ini saya sajikan video saja ya teman-teman. bisa di simak untuk memahaminya.
 

0 komentar:

Posting Komentar